Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil - Hallo sahabat Pentingnya Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ibu dan Balita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
link : Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Baca juga


Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Berisi berbagai cara yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilannya. Tips kesehatan ibu hamil perlu untuk diketahui para calon ibu dan ibu hamil agar kondisi si ibu dan janin dalam kandungannya selalu sehat dan terjaga.

Berikut ini merupakan beberapa tips bagi ibu hamil yang patut diperhatikan.

1.    Menjaga asupan nutrisi

Tips kesehatan ibu hamil yang pertama adalah menjaga asupan nutrisi. Hal ini meliputi menjaga pola makan. Maksudnya adalah pada ibu hamil sebaiknya makan dalam porsi kecil, untuk mencegah datangnya rasa mual. Ibu hamil juga harus memperhatikan jadwal makan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh karena nantinya akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan calon bayi yang ada dalam kandungan.

2.    Istirahat yang cukup

Pada ibu hamil tidak diperbolehkan  melakukan aktifitas fisik yang berat dan membuat lelah. Mereka memerlukan waktu istirahat yang cukup sehingga bisa mencegah timbulnya risiko keguguran yang diakibatkan terlalu capai dalam beraktivitas. Bahkan pada wanita hamil yang memiliki kandungan lemah  disarankan untuk istirahat total (bed rest).

3.    Hindari stres

Pada ibu hamil biasanya  mengalami perubahan hormon yang memicu perubahan emosional dan bisa berakibat stres. Beban pikiran yang berat juga dapat memicu stres sehingga rentan mengalami keguguran. Selain itu, penting juga bagi ibu untuk dapat mengontrol emosi karena gangguan emosi pada ibu hamil juga dapat mempengaruhi kondisi janin dalam  kandungan.

4.    Kontrol dokter secara rutin

Sejak mengetahui kehamilannya, ibu hamil sebaiknya melakukan kontrol rutin ke dokter kandungan atau bidan. Hal ini sangat dianjurkan karena dapat mengetahui kondisi kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan sehingga dapat diambil tindakan medis apabila terjadi gangguan pada masa kehamilan.

Kesehatan ibu hamil bukan hanya menjadi tanggung jawab si calon ibu, dukungan suami dan anggota keluarga yang lain juga sangat diperlukan oleh ibu hamil sehingga nantinya lahir seorang anak yang cerdas. Dan tidak ada salahnya jika para ibu mulai menerapkan tips kesehatan ibu hamil.

Aktifitas Untuk Menjaga Kesehatan Selama Hamil

Menjaga kesehatan selama hamil dapat dilakukan dengan berolah raga dan melakukan aktifitas fisik.Berikut ini merupakan beberapa jenis olah raga dan gerakan fisik ringan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

1. Senam Hamil

Aktifitas fisik pada ibu hamil penting dilakukan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh tetap segar dan bugar. Sedangkan pada senam hamil memang bertujuan untuk supaya nantinya saat melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Senam hamil secara spesifik bertujuan untuk melatih  otot dasar panggul agar lebih kuat sehingga memudahkan proses kelahiran bayi. Selain itu juga Berguna untuk  meningkatkan daya tahan tubuh dan melatih pernafasan.

2. Yoga

Untuk menjaga kesehatan selama hamil, ibu juga dapat melakukan yoga. Yoga pada wanita hamil tentu berbeda dengan pelatihan yoga pada umumnya. Yoga pada wanita hamil bertujuan untuk memperoleh kebugaran fisik yang mendukung saat proses kelahran bayi. Selain itu juga Berguna sebagai proses relaksasi pada ibu hamil sehingga dapat meringankan beban pikiran dan mendatangkan ketenangan serta perasaan bahagia.

Dalam kondisi kehamilan normal, melakukan aktifitas fisik sangat dianjurkan. Karena dapat melatih otot ketika melahirkan. Namun, dalam melakukan aktifitas fisik di atas, sebaiknya tetap dengan peersetujuan dari dokter kandungan atau bidan, jika tidak dikhawatirkan aktifitas fisik tersebut justru dapat membahayakan kondisi janin yang berpotensi pada resiko keguguran. Apalagi jika kondisi janin lemah maka disarankan untuk istirahat total atau bed rest.

Untuk menjaga kesehatan selama hamil, bukan hanya menjadi kewajiban Ibu hamil, akan tetapi juga tetap didukung oleh orang-orang yang ada disekitarnya yang perlu untuk ikut menjaga kesehatan ibu selama hamil.


Demikianlah Artikel Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Sekianlah artikel Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan alamat link https://16ok.blogspot.com/2014/05/tips-menjaga-kesehatan-ibu-hamil_13.html

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil"

Posting Komentar