Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita

Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita - Hallo sahabat Pentingnya Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ibu dan Balita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita
link : Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita

Baca juga


Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita

Tips merawat kesehatan gigi pada balita sangat diperlukan oleh para ibu agar dapat sedini mungkin mencegah timbulnya kerusakan gigi pada balita,

Mengetahui perkembangan gigi yang tumbuh pada usia balita penting diketahui oleh para ibu karena akan mempengaruhi pertumbuhan giginya saat mulai beranjak besar. Oleh karena itu sebaiknya para ibu memperhatikan kesehatan gigi pada balita.

Tips merawat kesehatan gigi balita diantaranya yaitu:

1.    Berikan makanan dengan kan dungan gula yang rendah

Makanan dengan kandungan nutrisi lengkap sangat penting dalam tumbuh kembang usia balita,  tetapi perlu diperhatikan bagi para ibu untuk mewaspadai makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Penumpukan gula pada gigi akan menimbulkan karies atau karang gigi. Hindarkan balita Kalian dari terlalu banyak memakan permen, coklat dan makanan sejenis yang banyak mengandung gula.

2.    Gunakan sikat gigi khusus atau kain yang lembut untuk membersihkan gigi

Saat usia balita, maka gigi dianggap sudah cukup kuat. Pada saat itu sudah diperbolehkan untuk menggunakan sikat gigi khusus anak. Yang perlu diperhatikan pastikan bulu sikat cukup lembut untuk gigi balita Kalian. Pastikan juga gagang sikat gigi terbuat dari bahan yang lunak dan bebas racun. Jika ibu tidak menemukan sikat gigi dengan kriteria seperti itu, maka dapat menggunakan kain yang berbahan lembut.

3.    Jangan terlalu sering memberikan susu dari botol menggunakan dot

Susu bayi biasanya mengandung gula, apalagi jika balita Kalian tidur sambil mengulum dot botol susu, kandungan gula yang tinggi dapat menumpuk dan merusak gigi balita. Hindari membiarkan botol atau dot menempel pada mulutnya selama tidur. sebaiknya ganti air susu dengan air putih biasa selama buah hati Kalian tidur.

4.    Ajari cara menyikat gigi

Gigi pada Usia balita dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi khusus balita. Para ibu juga perlu memperhatikan pasta gigi yang digunakan. Pastikan aman untuk buah hati Kalian. Dengan mengajarinya cara menyikat gigi yang benar sejak dini akan membentuk kebiasaan yang baik saat balita mulai tumbuh besar.

5.    Periksakan gigi balita Kalian ke dokter gigi secara berkala

Tips merawat kesehatan gigi balita yang terakhir yaitu pemeriksaan gigi secara berkala ke dokter gigi. Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi balita Kalian. Sangat penting untuk memperhatikan adakah perubahan warna dan susunan bentuk gigi pada balita. Sebaiknya Kalian melakukan pemeriksaan tidak menunggu sampai terjadi masalah pada gigi balita Kalian.



Demikianlah Artikel Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita

Sekianlah artikel Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita dengan alamat link https://16ok.blogspot.com/2014/05/tips-merawat-kesehatan-gigi-pada-balita_14.html

0 Response to "Tips Merawat Kesehatan Gigi pada Balita"

Posting Komentar